Terus Berlatih dan Disiplin Jadi Modal Lucas Terpilih Sebagai Calon Paskibraka Nasional

banner 160x600

Women face

MEDAN, FAKTASUMUT.com - Kegigihan Lucas Alexeindre Siburian untuk bisa menjadi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional di Istana Negara pada 17 Agustus 2018 nanti, tak sia-sia. Terus berlatih dan disiplin menjadi modal bagi siswa Kelas X- MIA SMA Negeri 1 Medan ini sehingga terpilih mewakili Provinsi Sumatera Utara.

Saat ditemui di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Utara, Lucas mengaku sejak kecil ingin menjadi bagian dari pengibar Bendera Merah Putih di Istana Negara. Karena itulah, remaja kelahiran 14 April 2002 yang fasih berbahasa Inggris ini giat berolahraga fisik.

"Dari kecil saya pengen bergabung dengan Paskibraka. Ini kemauan saya sendiri. Saya selalu ingin bisa seperti mereka yang menjadi bagian pengibar Bendera Merah Putih di Istana Negara. Orangtua dan sekolah sangat mendukung saya," kata remaja yang tinggal di Jalan Perwira Nomor 66 Medan Sunggal ini.

Putra kedua dari pasangan Ricky Siburian dan Ameta Melani Surbakti tersebut mengaku sebelum terpilih harus mengikuti seleksi pertama di tingkat Kota Medan pada 17-19 April 2018. Setelah dinyatakan terpilih mewakili Kota Medan, remaja yang memiliki tinggi badan 176 cm dan berat badan 71 kg ini harus mengikuti seleksi lagi tingkat Provinsi Sumatera Utara di Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Kampus Medan, Jalan William Iskandar, Medan, pada 7-9 Mei 2018.

"Di tingkat provinsi, diikuti 132 orang yang berasal dari 33 Kabupaten/Kota se-Sumut. Seleksinya sangat ketat seperti kemampuan fisik, pengetahuan umum, budaya, kesamaptaan, psikologi dan sebagainya. Lalu saya terpilih dalam 10 orang putra-putri terbaik di tingkat nasional," ujar Lucas yang memiliki hoby main musik dan olahraga.

Lucas yang juga putra dari Karyawan Metro TV Biro Medan ini mengaku untuk terpilih menjadi bagian dari calon Paskibraka Nasional, harus menanamkan sikap disiplin. Menurut Lucas, sejak kecil kedua orangtuanya terus menanamkan pada Lucas agar tak pernah menyerah meraih impian dengan berusaha dan berdoa.

"Persiapan saya, ya harus disiplin. Apalagi saya itukan orangnya bangun agak lambat. Jadi saya sudah sering untuk bangun jam 04.00 pagi. Supaya tidak terkejut nanti saat di sana," ungkap remaja yang bercita-cita ingin masuk Akademi Kepolisian ini. 

Ameta Melani ibu dari Lucas berpesan agar putranya dapat menjaga nama baik daerah. Ameta juga berharap agar putranya mengikuti aturan selama nantinya berada di Jakarta untuk di karantina sebelum melakukan tugas pengibaran bendera di Istana Negara untuk upacara Hari Kemerdekaan 17 Agustus mendatang.

"Di sana baik-baik, pintar-pintar jaga diri, ikut peraturan, karena dia bawa nama baik provinsi dan sekolah," ucapnya.

Tak hanya Lucas, Suci Isdihar Hulwa siswi Kelas 2 IPS SMA Negeri 6 Pematangsiantar juga mengaku bangga bisa terpilih menjadi bagian dari calon Paskibraka Nasional di Istana Negara. Remaja kelahiran Jakarta 7 Spetember 2002 ini ingin membanggakan kedua orangtuanya.

"Saya bangga dan senang bisa terpilih. Persiapan fisik seperti lari pust-up, pokoknya fisik harus disiapkan," urai remaja yang bercita-cita ingin menjadi Korps Wanita Angkatan Darat tersebut.

Suci yang memiliki tinggi badan 169 cm ini mengaku sebagai utusan daerah harus mengikuti aturan dengan sungguh-sungguh. 

"Kecerdasan tidak serta membuat kita hebat. Karena itu harus jaga nama baik keluarga dan daerah. Saya harap bisa nantinya membawa baki," papar putri dari pasangan Zainimar dan Abdimujiono warga Jalan Voly Nomor 4 C Pematangsiantar ini.

Di sisi lain, Zainimar ibu dari Suci mengaku sangat bangga dengan putrinya. Wanita yang sehari-harinya berjualan sarapan lontong ini berharap Suci bisa menjadi yang terbaik dari semua siswi di Paskibraka.

"Harapan saya dia bisa membawa baki dan berprestasi. Sebagai orangtua sangat bangga. Saya sangat berterimakasih kepada kepala sekolah yang telah membantu. Pesan saya agar anak saya padai-pandai membawa diri dan disiplin," jelasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara, Baharuddin Siagian menambahkan setelah melakukan seleksi yang sangat ketat, akhirnya terpilihlah dua orang putra dan putri terbaik yakni Lucas Alexeindre Siburian dan Suci Isdihar Hulwa yang akan mewakili Provinsi Sumatera Utara sebagai calon Paskibraka Nasional.

"Keduanya merupakan utusan Sumut untuk tingkat nasional. Kami ucapkan selamat bisa menjadi utusan Sumut. Kami ingatkan agar anak-anak kami ini bisa melatih diri, disiplin, cerdas tanggap dan waspada serta bisa tampil maksimal," tutupnya.

 

1532430667-Fakta Sumut-IMG 8474