Soal Keberagaman Sumut, Edy Rahmayadi: Toleransi dan Soliditas Jadi Kunci

banner 160x600

Women face

MEDAN, FAKTASUMUT.com - Cagub Sumut H Edy Rahmayadi menyebut keberagaman adalah salahsatu kekayaan Sumatera Utara. Untuk merawatnya, dibutuhkan toleransi dan soliditas sesama warga.

Demikian disampaikan Edy Rahmayadi menjawab dialog yang disampaikan wartawan Harian SIB Medan dalam acara buka puasa bersama insan pers, Rabu (6/6/2018).

Edy menjawab pertanyaan itu dengan mencontohkan langsung toleransi dan soliditas antara dirinya yang pemeluk agama Islam dengan seorang nasrani yang hadir di acara buka puasa tersebut.

Edy beranjak dari tempat duduknya lalu menghampiri seorang tamu perempuan yang diketahui sebagai penganut nasrani.

"Ini saya contohkan langsung. Adik ini seorang nasrani dan hadir di acara buka puasa bersama. Ini bukan saja toleransi tapi soliditas. Dibutuhkan toleransi dan soliditas untuk keberagaman Sumut ini," kata Edy.

Edy juga menyinggung ada fitnah terhadap dirinya yang berkaitan dengan masyarakat Nias.

"Saya dibilang mau mengislamkan Nias. Ini fitnah tak berdasar. Jangankan mengislamkan Nias, mengganggu orang lain beribadah saja haram bagi saya," kata Edy.

Edy menegaskan bahwa hukum di negara ini telah menjamin kebebasan warga untuk memeluk agama dan kepercayaannya masing-masing.

"Jadi sekali lagi saya tekankan, berkompetisi lah dengan demokratis. Bukan datang-datang ngadu domba lalu merusak kerukunan Sumatera Utara. Saya tegaskan, yang mencoba merusak keberagaman Sumut akan saya hadapi," tukasnya.

 

(GB/FAKTASUMUT.com)