Ratusan Pengungsi Warga Desa Guru Kinayan Terancam Tak Memiliki Rumah Layak Tinggal

banner 160x600

Women face

KARO, FAKTASUMUT.com - Ratusan Kepala Keluarga pengungsi asal Desa Guru Kinayan, Kabupaten Karo terancam tidak memiliki rumah layak huni untuk tempat tinggal mereka. Pasalnya, rumah hunian tetap yang dibangun puluhan milyar oleh Pemkab Kabupaten Karo, di Kecamatan Kabanjahe yang diperuntukkan bagi pengungsi korban bencana alam Gunung Sinabung, dalam kondisi mangkrak.

Pantauan sejumlah awak media yang terjun ke lokasi hunian tetap berada di kawasan Jalan Jamin Ginting, Gang Garu­da, Desa Samura, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, hanya terlihat beberapa Kepala Keluarga saja yang tinggal didaerah tersebut.

Endah Sriras Br Bangun, salah seorang pengungsi asal Guru Kinayan mengaku, sudah satu bulan bersama keluarganya menempati hunian tetap dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. "Saat pertama kami masuk kondisi rumah hanya kosong blong begitu saja. Bahkan untuk kamar tidur dan kamar mandinya tidak ada. Ditambah lagi yang paling menyedihkan sampai saat ini air dan listrik juga tidak tersedia. "Ucapnya kepada wartawan, Minggu (14/10.).

Menurut Endah sebelumnya pemerintah Kabupaten Karo berjanji kepada masyarakat untuk relokasi mandiri tahap kedua akan membangun rumah layak huni bagi ratusan pengungsi bencana Gunung Sinabung. Namun pada kenyataannya, janji tersebut hanyalah omosong kosong.

"Cuma itunya yang kami minta kepada pemerintah tanah Karo, rumah yang layak huni, beserta akses jalan yang bagus, juga dilengkapi fasitas umum seperti  air dan listrik . Selain itu kami minta  uang Jaminan Hidup (Jadup) kami  Rp900.000 per bulannya segeralah dicairkan karena sudah dua tahun tidak kami terima, "ungkapnya.

Pemerintah pusat  memberikan Bantuan Relokasi Mandiri (RM) berkisar Rp196,6 miliar dari BNPB dimulai akhir 2016. Bagi warga peng­ungsi Relokasi Mandiri tahap dua mendapat ban­tuan Rp110 juta per Kepala Keluarga, de­ngan rincian Rp59 juta lebih untuk Bantuan Dana Rumah (BDR) dan Rp50 juta lebih untuk bi­aya Bantuan Dana Lahan Usaha Tani (BDLUT).

1539659345-Fakta Sumut- MG 2314

 

 

(GB/ FAKTASUMUT.com)