Rantis APC Tambora dan 39 Petugas Gabungan Jaga Gereja HKBP Sudirman

banner 160x600

Women face

FAKTASUMUT.com, Medan - Pelaksanaan ibadah yang digelar umat Kristiani dalam rangka memperingati Hari Natal 2017 di Gereja HKBP Jalan Sudirman Medan berlangsung dengan hikmat dan lancar, Senin (25/12). 

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, petugas memberlakukan pemeriksaan terhadal kendaraan yang masuk ke areal Gereja HKBP Jalan Sudirman Medan.

Dari pantauan di lokasi,  sedikitnya 39 orang petugas gabungan dari TNI, Polri dan pihak terkait melakukan pengamanan disetial sisi. Tak hanya dilengkapi dengan senjata laras panjang, pihak Kepolsian juga menyiagakan kendaraan roda empat APC Tambora dari Dit Sabhara Polda Sumut di pintu masuk gereja tersebut. 

Kabag Ops Polrestabes Medan, AKBP Donny Sembiring mengatakan, dalam aktivitas pengamanan selain dilakukan oleh TNI dan Polri juga melibatkan petugas dari Dinas Perhubungan dan Polisi Pamong Praja. 

"Kami melakukan pengamanan disetiap pintu masuk ke gereja ini. Ini dilakukan untuk mengantisipasi tindakan teror," kata Kabag Ops Polrestabes Medan AKBP Donny Sembiring saat ditemui disela-sela aktivitas penjagaan, Senin (25/12) di Gereja HKBP Jalan Sudirman, Medan. 

AKBP Donny menjelaskan, pihaknya berupaya untuk menciptakan dan memberikan rasa aman kepada seluruh jemaah yang tengah melaksanakan ibadah. 

"Kita bersiaga dari pagi, siang sampai sore di HKBP Sudirman ini," jelasnya.

Dalam pelaksanaan pengamanan yang dilakukan,  pihak Kepolisian memberlakukan pemeriksaan untuk seluruh jemaah memasuki lokasi. Tak hanya yang datang menggunakan kendaraan, jemaah yang tak membawa kendaraan pun ikut diperiksa. 

"Semua jemaah yang masuk kita periksa barang-barang bawaannya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," papar Donny.

Sampai saat ini, ribuan jemaat masih melakukan ibadah natal yang akan berlangsung hingga malam hari. 

 

(IBUD/FAKTASUMUT.com)