Pomdam I/BB : Prajurit Dilarang Komentari Pilkada di Medsos  

banner 160x600

Women face

MEDAN, FAKTASUMUT.com - Prajurit di jajaran Pomdam I/BB diingatkan untuk tetap menjaga netralitas pada gelaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan di Sumatera Utara (Sumut). Prajurit juga diminta tidak mengomentari postingan di akun media sosial (Medsos) yang terkait dengan Pilkada.

Hal tersebut diungkapkan oleh Danpomdam I/BB Kolonel CPM Sudarma Setiawan di sela acara buka puasa bersama keluarga besar Pomdam I/BB, Rabu (6/6) di Mako Pomdam I/BB di Jln Sena, Medan. Turut hadir pada kegiatan tersebut Wadanpomdam I/BB Letkol CPM Karti Amyus, Dandenpom I/5 Medan Letkol CPM Sudarsono, mantan Wali Kota Medan Abdillah, Ustad Zulfikar Hajar dan tamu undangan lainnya.

"Saya menekankan kepada prajurit di jajaran Pomdam terkait masalah netralitas di Pilkada, karena memang itu yang sudah seharusnya dilakukan seorang prajurit. Tatkala Pilkada, maupun Pilpres dimulai, kewajibannya netral. Undang-undang mengharuskan dan mewajibkan itu," ungkapnya.

Ia menyebut, bila di lapangan ditemukan prajurit yang tidak netral, maka sanksi pasti ada. "Karena bila prajurit POM tidak netral, bagaiman kita mau menegakkan hukum," bebernya.

Sudarma melanjutkan saat ini perkembangan teknologi dalam hal ini medsos, membuat dunia seolah tanpa batas. Setiap orang juga telah memiliki akun medsos. Karena itulah, Sudarma mengingatkan prajuritnya tidak asal menyebarkan postingan. Terlebih lagi postingan yang bersinggungan dengan pilkada.

"Saya tidak mau prajurit saya terkena sanksi pidana UU ITE. Karena itulah, saya tegaskan jangan menyebarkan sesuatu di medsos tanpa mengetahui apa isinya," ungkapnya.

Sebab, sambung Sudarma, bisa saja postingan yang disebarluaskan itu mengandung ujaran kebencian. Bila mekanisme yang dismpaikan itu memenuhi acara pidana, prajurit yang bersangkutan bisa terjerat hukum. "Karena itulah kita mengingatkan ini," tegasnya.

Sebelumnya, Sudarma menyebut buka puasa bersama ini diikuti oleh anak yatim piatu, purnawirawan, warakauri dan keluarga besar Pomdam I/BB.

Sudarma menegaskan bahwa kegiatan ini untuk menjalin komunikasi dan tali silahturahmi baik itu sesama prajurit Pomdam I/BB serta dengan masyarakat di kawasan Mako Pomdam I/BB. Kegiatan ini juga diselingk dengan pemberian tali asih kepada anak yatim piatu dan masyarakat Pomdam I/BB. 

 

(GB/FAKTASUMUT.com)