Medan Kekurangan Madrasah Negeri

No comment 194 views
banner 160x600

Women face

MEDAN, FAKTASUMUT.com -  Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Penmad) Kemenag Medan Drs H Impun Siregar MA menegaskan Kota Medan kekurangan Madrasah Negeri padahal minat masyarakat untuk masuk ke Madrasah Negeri sangat tinggi namun karena terbatasnya keberadaan Madrasah Negeri itu maka minat masyarakat banyak yang tidak terpenuhi

“ Saat ini Kota Medan hanya memiliki 3 Madrasah Aliyah Negeri dan 1 Madrasah Aliyah Negeri persiapan yakni di wilayah Martubung. Tiga Madrasah Tsanawiyah Negeri MTSN yakni MTSN 1 di Patumbak, MTSN2 di Jalan William Iskandar dan MTSN 3 di Helvetia sedangkan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) hanya ada 12 ,” kata Impun kepada wartawan, Senin (11/12/2017) di ruang kerjanya.

Impun menegaskan idealnya untuk Kota Medan dengan penduduk yang cukup besar MAN itu semestinya ada 8 unit, MTSN itu ada 10 unit dan MIN 21 unit .Artinya setiap kecamatan di Medan harus ada 1 unit MIN sehingga bisa menampung minat masyarakat yang masuk ke madrasah negeri. “ Setiap tahun ajaran baru MAN,MTSN dan MIN selalu kelebihan pendaftar seperti MTSN 1,2 dan 3 itu rata-rata 1500 pendaftar namun daya tamping hanya 300-350 siswa maka tidak seluruhnya tertampung. Hal yang sama juga terjadi dengan MAN 1,2 dan 3 setiap tahunnya tidak mampu menampung siswa karena terbatasnya kursi ,” kata Impun kembali.

Dijelaskan Impun guna menutupi kekurangan ini pihaknya sudah berulang kali memohon kepada Kemenag Pusat untuk menambah madrasah negeri baru namun karena keterbatasan anggaran hal itu belum terpenuhi.” Sesungguhnya ada jalan seperti Pemko Medan menyiapkan lahan dan Kemenag yang membangun sekolahnya namun ini belum terjadi. Bahkan ada kemarin rencana membangun MAN 4 di wilayah Martubung karena lahannya belum tuntas MAN 4 itu sampai saat ini belum terbangun,” kata Impun kembali.

Seandainya sebut Impun Pemko Medan menyiapkan lahannya, Kemenag akan memberikan bantuan.” Kita berharap juga agar DPRD Medan bisa memberikan masukan ke Pemko Medan agar bisa memberikan aset Pemko Medan berupa lahan kosong untuk dijadikan pembangunan madrasah negeri.

Sementara itu Anggota DPRD Medan dari Fraksi PPP H Irsal Fikry SSos ketika dikonfirmasi mengaku terkejut dengan apa yang diungkapkan Kasi Penmad Kemenag Medan Impun Siregar .Irsal berjanji akan mengecek ke Pemko Medan soal lahan kosong yang merupakana aset Pemko Medan untuk dijadikan lahan pembangunan madrasah negeri.” Saya santat mendukung agar madrasah negeri di Medan ini diperbanyak sehingga generasi muda Islam bisa sekolah di madrasah negeri,” kata Irsal kembali. 

 

(GB/FAKTASUMUT.com)