Lima Puluh Hektar Hutan di Tobasa Terbakar

No comment 50 views
banner 160x600

Women face

TOBASA, FAKTASUMUT.com - Kebakaran melanda hutan di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Berdasarkan perkiraan, luas lahan yang terbakar berkisar 40-50 hektar. 

"Kebakaran diketahui sejak Rabu (25/7) pukul 23.30 WIB. Hingga kini, api belum juga bisa dipadamkan," kata Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) IV Wilayah Balige, Leonardo Sitorus, Kamis 16 Juli 2018.

Leonardo Sitorus mengatakan untuk penyebab kebakaran tengah diselidiki pihak kepolisian. Namun kebakaran sudah terjadi selama dua hari terakhir sejak Rabu (25/7/2018) hingga Kamis (26/7/2018). 

"Kita masih menunggu. Kita juga sudah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder untuk mengatasi kebakaran," paparnya.

Menurutnya, petugas menurunkan tiga mobil pemadam kebakaran, tiga mobil pemadam dari Dinas Kehutanan, mobil tangki air dari PT Toba Pulp Lestari (TPL) dan pompa racun api. 

"Ada 100 petugas yang diturunkan untuk pemadaman. Kita dibantu juga dengan masyarakat sekitar untuk melakukan pemadaman," jelasnya. 

Pemadaman cukup sulit sebab api telah meluas. Karena itu pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian untuk menurunkan waterboom. 

"Alat dari Kementerian itu akan diberangkatkan hari ini. Tapi kemungkinan besar, prediksi waterboomnya besok. Karena masih berada di Riau," tandasnya. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah 1 Medan sempat mencatat, puncak kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Utara (Sumut) akan terjadi pada Juli 2018. Di Sumut sendiri, terdeteksi ada 57 titik panas (Hot Spot). Titik panas itu, tidak hanya ada di Sumut. Tetapi juga terdapat di provinsi lain.

 

(GB/FAKTASUMUT.com)