Kemendag, Kementan, Pemprov Sumut dan BI Gelar Rapat Koordinasi Jelang Natal Dan Tahun Baru

banner 160x600

Women face

MEDAN, FAKTASUMUT.com - Guna memastikan kesiapan stok sembako di Sumatera Utara (Sumut) Natal dan Tahun Baru 2018, Pemerintah Provinsi Sumut bersama beberapa instansi terkait mengelar Rapat Koordinasi Kesiapan Barang Kebutuhan Pokok Menjelang  Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Selasa (12/12).

Rapat yang berlangsung di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumut itu dihadiri oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi, Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Kasan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, Alwin S, Plt Sekda Pemprovsu Ibnu S Hutomo, Kepala Perwakilan BI Sumut Arief Budi Santoso, Dirkrimsus Polda Sumut Kombes Toga Habinsaran Panjaitan dan beberapa instansi terkait lainnya.

Dalam rapat tersebut, tak hanya membahas soal ketersediaan stok, tetapi juga membahas bagaimana pengendalian harga sembako yang diperkirakan akan mengalami kenaikan.

"Rapat Koordinasi ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan bahan pokok jelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 aman. Selain itu juga untuk mengendalikan harga di pasaran," 

Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Kasan, Selasa (12/12).

Untuk mengendalikan harga pasar, ia mengungkapkan, akan dilakukan beberapa langkah seperti operasi pasar, pasar murah dan kegiatan lainnya.

Sementara itu, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi menambahkan saat ini produksi holtikultura di Tanah Air masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan. Seperti cabe, dan bawang. "Produksinya cukup, barangnya ada. Kalau gak ada kemunkinannya ada yang bawa keluar," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, saat ini produksi bawang di Solok sangat melimpah. Apabila di Sumut pasokan bawang sesikit, bisa diambil dari Solok. "Ini bisa dijadikan langkah," paparnya.

Setelah melakukan rapat, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan ke Pusat Pasar Medan dan Gudang Bulog yang ada di Jalan Mustafa, Medan.

 

(IBUD/FAKTASUMUT.com)