Jasa Raharja Sumut Gelar Diklat Abdiyasa, 40 Peseta Diharap Jadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

banner 160x600

Women face

MEDAN, FAKTASUMUT.com  - Angka korban kecelakaan akibat kecelakaan lalu lintas meningkat setiap tahunnya. Lengahnya pengemudi, baik itu kendaraan pribadi maupun angkutan umum bisa jadi penyebab utama terjadinya kecelakaan.

Melihat hal tersebut, Kasa Raharja yang bekerja sama dengan institusi terkait menggelar Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklat) Abdiyasa 2018. Kegiatan ini diselenggarakan pada 18-19 April 2018 di Hotel Four Points Medan.

"Diklat Abdiyasa ini merupakan program rutin PT Jasa Raharha yang disinergikan dengan kegiatan dari Korps Lalu Lintas Polri, Dirjen Perhubungan Darat, maupun DPP Organda yang pelaksanaannya di daerah-daerah. Tahun ini ada 10 provinsi yang melaksanakannya, Sumut termasuk di dalamnya," ujar Kepala Cabang Jasa Raharja Sumut, Ifriyantono pada acara Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklat) Abdiyasa 2018, Rabu (18/4/2018).

Kegiatan Diklat Abdiyasa ini diikuti oleh 40 peserta. Mereka adalah awak supir yang mewakili perusahaan otobus di Provinsi Sumatera Utara.

"Kami konsen melatih pengemudi. Karena umumnya, kecelakaan terjadi karena human error. Apalagi angkutan umum kalau kecelakaan bisa menelan banyak korban. Makanya pengemudi angkutan umum di sini kita didik, harapannya mereka bisa bertambah pengetahuannya tentang lalu lintas," katanya lagi.

Kedepannya, Ifriyantono beharap 40 orang yang mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan ini bisa menjadi motor dan teladan bagi pengguna jalan lain, terlebih di kalangan abdiyasa.

"Kita juga berharap dari acara ini juga dapat menjaga hubungan baik sesama supir angkutan umum," katanya menambahkan. 

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumut, DPP dan DPD Organda.

Materi-materi mengenai Tata Tertib Berlalu Lintas diberikan langsung oleh Dirlantas Poldasu, Kadishub Provinsi Sumut, DPP Organda dan Jasa Raharja.

"Di akhir acara akan dipilih beberapa orang yang terbaik untuk dipakaikan rompi pelopor keselamatan lalu lintas. Mungkin dengan pakai rompi itu, ada tanggungjawab moril dalam keselamatan berlalu lintas," serunya.

Penyampaian materi ditutup dengan sesi motivasi oleh motivator. Tidak terlewatkan, ada pula hiburan dan spot photobooth yang bisa dimanfaatkan peserta untuk mengabadikan momen melalui foto.

 

(GB/FAKTASUMUT.com)