Inalum Jadi Tuan Rumah Rakor BUMN se-Indonesia di Danau Toba

banner 160x600

Women face

FAKTSUMUT.com, PARAPAT - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menggelar Rapat Koordinasi CEO BUMN 2017 di Danau Toba, Sumatera Utara selama dua hari.

PT Inalum (Persero) selaku BUMN termuda dan baru ditunjuk sebagai Holding BUMN bertindak sebagai tuan rumah rakor yang diikuti seluruh BUMN di Indonesia tersebut, Rabu dan Kamis, 20–21/12/2017) lalu.

Rapat Koordinasi (Rakor) CEO BUMN 2017 ini, juga digelar dalam rangka HUT Bersama BUMN.

Pada bulan ini Desember, ada 13 BUMN yang berulang tahun, yaitu PT Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III, Pelindo IV, PT Pertamina, PT Bank BRI, PT Jiwasraya, PT Pusri, PT Pupuk Kaltim.

PT Danareksa, PT DKB (Persero), PT Inti (Persero) dan Kantor Berita Antara.

Direktur Utama PT Inalum Budi Gunadi Sadikin mengatakan penyelenggaraan peringatan HUT Bersama BUMN bertujuan untuk meningkatkan sinergi antar BUMN dalam berinteraksi dan komunikasi.

Terutama antara jajaran CEO BUMN guna mempertajam leadership, memperkuat jiwa kolaborasi dan memperkaya wawasan.

“Adapun, Rakor dalam rangka HUT Bersama BUMN kali ini, mengambil tema “BUMN Hebat, Negara Kuat, Rakyat Sejahtera,” katanya.

"BUMN terdiri dari 118 perusahaan dan nggak banyak yang tahu juga revenue (pendapatan) BUMN total ada 2.000 triliun. Lebih besar dari jumlah APBN kita yang jumlahnya sekitar 1.800 triliun. Kita lebih besar lagi opportunitynya kalau bisa bersinergi," kata Budi Gunadi Sadikin.

Dia menyebutkan, Rakor CEO BUMN 2017 kali ini juga diisi dengan berbagai kegiatan. Di antaranya, Diskusi CAPEX per Kedeputian, Focus Group Discussion (FGD) dan Talkshow BUMN Millenials.

Selain itu, ada juga kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang digelar di sekitar wilayah Danau Toba, Sumatera Utara.

“Untuk kegiatan CSR, Inalum sepanjang tahun ini sudah menyerahkan berbagai macam bantuan di berbagai bidang," lanjut Dirut Inalum.

Pada hari terakhir Rakor, Kamis, (21/12/2017), juga dilakukan kegiatan antara lain “BUMN Mengajar”, “Bersih-bersih di Sekolah” dan “Launching Aplikasi Sobat BUMN”.

Tak hanya itu, peserta Rakor CEO BUMN 2017 juga mengikuti kegiatan Arung Jeram (Fun Rafting) di Sungai Asahan yang terletak 5 km di hilir PLTA Tangga PT INALUM, Desa Meranti Utara, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Menariknya, Menteri BUMN Rini Soemarno juga ikut dalam arung jeram tersebut. usai menikmati arung jeram di Sungai Asahan, Rini Soemarno langsung memimpin rapat terbatas yang diikuti sekitar 149 CEO BUMN yang hadir pada rakor tersebut.(FAKTASUMUT/com/CM)