Hasil Survei Pilgubsu 2018 Menunjukkan Tengku Erry Kalah dari JR Saragih

banner 160x600

Women face

MEDAN, FAKTASUMUT.com - Meski menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi ternyata tak seharum nama JR Saragih di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara (Sumut). 

Beradasarkan hasil survei Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilakukan Onlinesumut.com, Tengku Erry hanya memperoleh 27,55 persen. Sedangkan JR Saragih meraup angka 30,3 persen. 

Penangungjawab survei Pilkada Onlinesumut.com di wilayah Kabupaten Dairi Gunawan Abdillah mengatakan, survei dilakukan di 15 kecamatan di Wilayah Dairi.

"Hasil tersebut melibatkan 400 responden baik wanita atau pria yang tersebar di 15 kecamatan yang ada, dengan sampling error 5% dan tingkat kepercayaan 95%," jelas Gunawan didampingi Direktur Utama Onlinesumut.com, Teuku Yudhistira kepada awak media, Rabu 30 Agustus 2017 di Medan. 

Gunawan menjelaskan, metode yang digunakan pihaknya dalam survei perdana ini dilakukan wawancara tatap muka kepada masyarakat secara langsun, selaku responden terkait Pilkada Provinsi Sumatera Utara untuk jejak pendapat, mengukur tingkat toleransi sikap dan perilaku pemilih terhadap keinginan untuk mengikuti pesta demokrasi yang jatuh pada 27 Juni 2018.

Penyebaran kuisioner dilakukam secara merata dengan prosentase kepadatan jumlah penduduk. Sumber data tersebut, lanjutnya, menggunakan metode multistage random sampling dalam teknik pengambilan sampel responden. 

"Dari survei yang kita lakukan, didapatkan hasil temuan survei di 15 Kecamatan Dairi sebagai berikut sebanyak 30,3% memilih JR Saragih dan petahana yakni Tengku Erry hanya meraup 27,55% di wilayah Kabupaten Dairi, "papar Gunawan.

"Dengan demikian, survei membuktikan Tengku Erry dipastikan kalah dalam Pilkada Gubernur Sumut dibanding JR Saragih jika pemilihan dilakukan saat ini, dengan selisih suara 42,42% yang diberi pemilih kepada calon lain," imbuhnya.

Selain nama Tengku Erry dan JR Saragih, juga ada nama bakal calon lainnya yang digadang-gadang akan maju diantaranya, Ade Sandrawati Purba dengan perolehan 29,20 persen, Edy Rahmayadi dengan perolehan 12,07 persen, H Raden Muhamad Syafii dengan perolehan lalu ada nama Oegroseno dengan perolehan 5,26 persen. 

"Hasil detail survei ini masih kami simpan sebagai riset survei berikutnya termasuk kunci-kunci rahasia kemenangan calon Pilkada Gubernur Sumatera Utara 2018" tandasnya. 

Sementara itu, untuk Pilkada Bupati Dairi, nama bakal calon Bupati Eddy Keleng Ate Berutu unggul dari calom lainnya dengan perolehan 32,82 persen. Ia mengalahkan anak Bupati Dairi Depriwanto Sitohang hanya meraih 17,43 persen.

 

(IBUD/FAKTASUMUT.com)