DPD RI Dukung Bandara Binaka Dipersiapkan Jadi Bandara Internasional

banner 160x600

Women face

GUNUNGSITOLI , FAKTASUMUT.com - Anggota DPD RI Parlindungan Purba SH MM mengatakan, Bandara Binaka Nias dipersiapkan menjadi Bandara Internasional yang bisa didarati pesawat-pesawat berbadan lebar dari luar negeri. Namun untuk tahap awal, bandara Binaka akan didarati pesawat dari Jakarta pulang pergi (PP). Untuk penanganan yang lebih professional, pengelolaannya yang saat ini dikelola Dirjen Perhubungan Udara, akan diserahkan ke PT Angkasapura.

Hal itu dikatakan Parlindungan Purba kepada wartawan, Sabtu (25/6) di Bandara Binaka, Nias. Menurut Senator Sumut ini, pembangunannya akan dilakukan secepat mungkin, karena infrastruktur bandara saat ini sudah bagus, tapi terminal akan dibenahi termasuk memperpanjang Runway agar bisa didarati pesawat berbadan besar.

 “Akan ada penerbangan langsung  dari Jakarta-Nias dan Nias Jakarta, kita serahkan pengelolaannya kepada Angkasapura. Inilah tahapan menuju Bandara Binaka menjadi Bandara Internasional. Rencana ini sudah dibicarakan dengan Kementerian terkait, kepada Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly juga sudah saya bicarakan,” kata Parlindungan.

Rencana pengembangan bandara ini lanjutnya, untuk menyikapi pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengatakan bahwa,  Nias sangat cocok dikembangkan sebagai kawasan Industri Pariwisata dan Perikanan. Hal itu diucapkan Presiden ketika berkunjung ke Nias Agustus 2017 lalu.

“Memang laut Nias sangat indah dan ikannya sangat banyak. Untuk itu, bandara harus segera ditingkatkan gradenya, menjadi bandara internasional,” terangnya.

Menurut dia, setiap hari lebih 400 orang terbang dari Binaka-Kualanamu dan Kualanamu-Binaka. Setiap hari juga, empat pesawat Wings Air dan satu pesawat Garuda mendarat di Nias. Jumlah penumpang yang cukup besar tersebut menunjukkan penerbangan ke Nias sangat produktif.

 “Kenapa orang ke Nias? Berarti ada yang berharga, kekayaan di Kepulauan Nias ini berlimpah. Lihatlah pantai dengan ombaknya yang indah. Sama seperti wisatwan mancanegara yang lebih mengenal Bali daripada Indonesia. Setelah dari Bali mereka ke Nias, kalau ditanya mau kemana, mereka jawab ke Nias, bukan ke Sumut,” terang Parlin.

Nias, kata Parlin, memiliki banyak pantai yang indah, seperti pantai Sorake, di Lagundri, Teluk Dalam Nias Selatan. Pantai ini terkenal ombak indahnya yang dijadikan tempat olahraga selancar (surfing) internasional. Ada juga pantai Sirombu, pantai di pulau Asu, pantai Tureloto, pantai di pulau Tello dan lainnya.

 “Semua pantai-pantai itu menajubkan, karena keindahannya luar biasa, budayanya juga sangat kaya, tinggal kita minta kepada kepala-kepala daerah di lima kabupaten/kota di Kepulauan Nias agar menjadikan warganya sadar wisata. Maka, kawasan wisata harus bersih, marilah kita saongsong kepulauan Nias menjadi kawasan wisata, Presiden Jokowi saja sudah memberi perhatian, maka masyarakatnya juga harus berbenah,” tutupnya.

 

(GB/FAKTASUMUT.com)