Debat Pilgusbu: Sihar Dianggap Tak Paham Dana BOS

No comment 30 views
banner 160x600

Women face

MEDAN, FAKTASUMUT.com - Debat kedua Pilgubsu 2018 berlangsung di Hotel Adimulia, Medan, Sabtu (12/5/2018) tadi malam.

Pada sesi kedua, pasangan calon nomor urut 1, Edy Rahmayadi, ditanya soal konsepnya membangun pendidikan Sumatera Utara yang notabene nilai APBD Sumut di sektor pendidikan ini masih kecil.

Namun Cawagub Sumut nomor urut 2 Sihar Sitorus malah menyinggung Dana BOS yang notabene bersumber APBN.

Padahal dana BOS merupakan anggaran pemerintah pusat yang hanya dinumpanglewatkan ke APBD lalu ditransfer untuk kebutuhan pendidikan di daerah ke rekening kepala sekolah. Dana BOS, adalah dana APBN.

"Sepertinya Pak Sihar kurang mengerti juknis, sumber dan mekanisne pencairan dana BOS. Gubernur tak bisa intervensi di situ. Kalau intervensi, maka ujung-ujungnya nanti dapat dipastikan penyimpangan," kata Pemerhati Pendidikan dari Medan Utara Institute, Rahmad Al Rasyid .

Dia menggarisbawahi bahwa yang ditanyakan moderator dalam debat itu adalah APBD untuk peningkatan pendidikan.

"Kalau dana BOS itu bukan APBD, melainkan APBN. Inilah yang dikatakan orang bijak bahwa kaki yang gatal kepala yang digaruk," kata Rahmad Al Rasyid.

Sebelumnya tadi malam moderator debat menanyakan kepada Edy Rahmayadi bagaimana strategi untuk membangun pendidikan Sumut dengan anggaran yang kecil di APBD. Bahkan, pada 2016, hanya 2,5% dari APBD.

Edy pun menjawab tegas.

“Bagi kami, pastikan dulu programnya, baru dipastikan penyerapan anggarannya. Kami melihat anggaran yang ada di APBD Sumut kecil memang, tapi penyerapannya belum maksimal. Maka itu, kita pastikan dulu penyerapannya maksimal,” kata Edy Rahmayadi.

Kata Edy, bukan hanya pendidikan formal, tapi juga non formal dan life learning.

“Ini menanamkan budi pekerti bagi anak-anak Sumatera Utara. Ilmu itu benar. Persepsi kita harus disamakan dulu untuk anak-anak Sumatera Utara. Sekali lagi saya katakan ilmu itu afalah benar,” kata Edy.

Menanggapi hal ini, pasangan calon nomor urut 2, lewat Calon Wagubsu Sihar Sitorus, menyebut Edy melupakan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS).

“Pak Edy sepertinya melupakan dana BOS. Padahal itu ada untuk pendidikan. Kalau itu dimanfaatkan, tentu sangat baik sekali untuk pendidikan Sumut,” ujarnya.

 

(GB/FAKTASUMUT.com)