Bang Ijeck Ziarahi Kakek di Taman Makam Pahlawan

No comment 31 views
banner 160x600

Women face

MEDAN, FAKTASUMUT.com - Calon Wakil Gubernur Sumut H Musa Rajekshah menziarahi makam kakeknya di Taman Makam Pahlawan, Jl SM Raja Medan Rabu (9/5/2018) pagi.

Bersama ibunda, keluarga dan istrinya, Musa Rajekshah mengatakan ziarah tersebut biasa dilakukan, terutama jelang bulan suci Ramadhan.

Di bawah rintik hujan, pria yang karib disapa Bang Ijeck itu tiba di TMP Medan pukul 09.00 Wib. Bang Ijeck tampak memayungi sang bunda, Hj Syarifah Rahmah.

Bang Ijeck dan keluarga langsung 'nyekar' ke makam sang kakek, Purn TNI AD Haji Said Ahmad.

Sejumlah ritual suci mulai dari tabur bunga dan doa dilakukan Bang Ijeck, sang bunda, sang Istri Ny Ayu Mihari dan keluarga.

Usai dari situ, Bang Ijeck dan keluarga bergeser ke makam yang ada di sebelah makam kakeknya, yakni makam mantan Gubsu Raja Inal Siregar.

Dari situ, Ketua Yayasan Haji Anif tersebut langsung bergeser lagi ke makam pahlawan bernama Alm Kapten TNI Rachman Ishaq, ayah dari Cagubsu nomor urut 1 H Edy Rahmayadi.

Usai nyekar, kepada wartawan yang mewawancarai Bang Ijeck mengatakan ziarah tersebut merupakan kegiatan rutin, terutama memasuki bulan puasa Ramadhan.

"Saya bersama keluarga terutama istri dan ibu saya sering ziarah ke makam kakek saya di sini. Tapi yang paling sering ke sini ya ibu saya," kata Bang Ijeck.

Siapa sosok kakek yang baru saja diziarahi tadi?

Menjawab itu, Bang Ijeck menjelaskan kakeknya merupakan purnawirawan TNI AD yang pada masa penjajahan banyak berperang melawan Belanda di Aceh.

"Kakek saya ini bapak dari ibu saya. Masa-masa kemiliterannya lebih banyak dihabiskan di Aceh saat berperang melawan Belanda," kata Bang Ijeck.

Ijeck juga berpesan kepada generasi untuk selalu mengingat jasa para pahlawan kemerdekaan.

"Betapa susahnya pahlawan kita dulu melawan penjajah mengorbankan darah, nyawa dan keluarga. Sekarang ini mari kita jaga semangat mempertahankan kemerdekaan, jangan mudah dipecah-belah dan tetap bersatu demi generasi kita yang lebih baik," tukas Bang Ijeck.

Diketahui, almarhum Purn TNI AD Haji Said Ahmad lahir pada 12 Mei 1915 dan meninggal pada 29 Juni 1984.

 

(GB/ FAKTASUMUT.com)