Anggota DPRD Sumut Fraksi Nasdem Kecewa Terhadap Kinerja Tim SAR

banner 160x600

Women face

MEDAN, FAKTASUMUT.com - Anggota DPRD Sumatera Utara, Fraksi Partai Nasdem, Nezar Djoeli mengaku kecewa terhadap kinerja Tim SAR di kawasan Danau Toba dalam melakukan penyelamatan korban KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Senin 18 Juni 2018, sekitar pukul 17.30 WIB, mengakut puluhan penumpang didalamnya.

Menurut Nezar, hal itu terlihat dari rekaman vidio penyelematan yang beredar, tidak ada satupun Tim SAR yang turun untuk menyelamatkan para korban yang mencoba menyelamatkan diri mereka dengan cara berenang menuju kapal.

Menurutnya, Sumatera Utara sendiri memiliki fasilitas yang cukup baik seperti, Helikopter dan Kapal Cepat yang dibeli menggunakan APBD dan sumbangan APBN untuk digunakan dalam kondisi-kondisi darurat seperti ini. Namun kenyataannya pada hari ini, sepertinya tim dilapangan tidak siap siaga dalam melakukan penyelamatan.

“kita tidak mau tau apapun alasannya termasuk alasan lebaran dan lain sebagainya. Kalau dikarenakan masalah petugas yang sedang melakukan cuti lebaran, hal itu seharusnya dapat disesuaikan dengan petugas lainnya.  Artinya secara bergantian antara petugas yang muslim dengan non muslim, “tegasnya kepada wartawan.

Dalam hal ini, sebagai Ketua Komisi A DPRD Sumut ia meminta kepada Pemerintah Pusat agar segera mengevaluasi kinerja dari Tim SAR yang ada di Sumatera Utara. “Saya juga minta kepada BPBD Sumut untuk segera mengevaluasi kinerja masing-masing petugasnya  ditingkat daerah. Jika perlu laporkan kepada Presiden agar menjadi evaluasi kedepannya sehingga kejadian seperti ini tidak terulang kembali. “Pungkasnya.

Selain itu, ia juga mengapresiasi terhadap kinerja semua pihak yang sampai saat ini masih terus bekerja maksimal dalam melakukan pencarian korban Kapal Motor Sinar Bangun.

“Khusus kepada korban meninggal dunia saya pribadi mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas kejadian tersebut.  Dan kepada keluarga yang ditinggalkan agar mereka selalu diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi cobaan di bulan yang penuh berkah ini, karena siapapun kita tidak ada yang menginginkan kejadian seperti ini terjadi.

Sedangkan untuk Dinas Perhubungan Sumut, kedepan ia berharap  Kapal-Kapal penyebrangan yang berada di kawasan Danau Toba, dalam melakukan  pemeriksaan  uji KIR  harus benar-benar dilakukan  secara keseluruhan. Harus sesuai prosedur. "Bukan asal-asalan saja, "tutupnya.

 

(GB/FAKTASUMUT.com)